Post Terbaru!
// Posted by :Unknown
// On :Jumat, 07 Agustus 2015
Sumber= http://romabijak.blogspot.com/ dan Wikia.
LIMITED ANIMATION
Berbicara tentang limited Animation, anime Jepang adalah kiblat yang sangat cocok untuk kita pilih dalam mendalami / mempelajari apasaja trik-trik yang biasa digunakan dalam setiap pembuatan film animasinya.
Sebelum kita melangkah ke pokok bahasan, ada baiknya kita tahu lebih dulu apa itu limited animation, sesuai dengan namanya limited (terbatas), berarti limited animation adalah animasi yang terbatas, dimana dalam prakteknya seorang animator, apabila hendak membuat style limited animation ia dituntut keterampilannya dalam menciptakan ilusi gerakan dengan menggunakan gambar seminimal mungkin, dengan standard kecepatan 24-25 frame, akantetapi penonton tidak menyadari dan tidak merasa jenuh ketika menyaksikan sampai selesai film itu.
Ada hal yang harus dipenuhi ketika seorang animator hendak membuat gerak limited animation, yang nantinya akan sangat membantu untuk mencapai kualitas yang baik, agar adegan yang dibuat tidak menjadi sia-sia yang akibatnya, penonton tidak bisa memahami maksud dari gerak animasi tersebut, dan untuk mendapat sebuah hasil animasi yang baik, harus didukung oleh kualitas tehnik staging dan layout yang prima agar nantinya bisa menghasilkan aksi yang jelas.
Hal lain yang paling menetukan adalah kemampuan animator dalam memahami teknik pengaturan timing (pengaturan waktu) yang tepat sehingga dapat memberikan makna pada gerak obyek animasi karakter dan penonton memiliki waktu yang cukup untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi saat menyaksikan aksi tersebut, dan bereaksi terhadap aksi itu.
Dengan pengetahuan sangat minim, yang hanya saya dapat dari pengalaman kerja, saya menyadari, mungkin masih banyak salah dalam cara membuat, cara penulisan, dan menyampaikannya...bukan karena disengaja tapi tidak lebih hanya karena terbatasnya pengetahuan yang saya punya.
Di dalam tulisan ini, saya hanya ingin berbagi trik yang menjadi ciri khas di film-film serial animasi Jepang, berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika mengerjakan beberapa GENGA (sebutan key drawing untuk animasi jepang) dan DOUGA ( sebutan untuk in beetwen).
Dengan pengalaman yang tidak seberapa ini, saya hanya berharap apa-apa yang telah saya dapat tidak hilang begitu saja, dan mudah-mudahan bisa berguna buat saya pribadi syukur-syukur buat orang lain.
Akhirnya, untuk mencapai semua itu, tentunya tidak lepas dari sebuah proses yang tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat, kuncinya adalah selalu berlatih dan berlatih tanpa cepat merasa puas ...
Pantau terus blog ini, karena selanjutnya saya akan berbagi mengnai trik-trik yang biasa digunakan di film anime (animasi 2D) Jepang dan bagaimana cara membuatnya.
Salam
Berikut trik-trik yang akan kita bahas selanjutnya :
1. RYU PAN
2. OBAKE
3. PARA
4. GAMENDO
5. BOYOYON
6. RORINGO
7. NAMIGARASHI
8. TOKAKO
9. KAITEN TOKAKO
10.NYUSAKO
11.STROBO
12.BURE
13.QTB/QTU
14.TSUKE PAN
15.FOLLOW PAN
16.SL
DLL.
リュ·パン/RYU PAN
Trik ini sangat sering digunakan difilm seri animasi Jepang, dengan mengunakan hanya 1-2 gambar animasi+gbr BG, sebuah adegan film animasi bisa terlihat lebih dramatis dan bisa membawa efek ketegangan luar biasa buat penonton.
おばけ / OBAKE
Adalah salah satu trik yang sangat ampuh untuk membuat gerakan memutar (reflek).
Apa bila seorang animator tepat menempatkan (pemilihan timing ) dalam penggunaannya, karena tidak semua adegan cocok menggunakan trik ini.
ザ / PARA
Sebuah trik penambahan efek gambar ( kesan gelap ) didepan obyek gambar animasi didalam sebuah adegan ( action ) animasi, yang bertujuan untuk menambah efek dramatis. Biasa digunakan ketika sebuah adegan tokoh animasi berbicara dalam hati agar lebih menegangkan dan kesan seram yang mengikuti adegan lebih terpenuhi.
BOYOYON
Kebanyakan di film anime, trik ini dipakai saat adegan karakter animasi tengah terperanjat (kaget) dengan durasi sangat pendek, kebanyakan hanya 15 frame atau setengah second.
Jika seorang animator memilih trik ini, ia hanya perlu membuat satu frame gambar karakter sendiri atau rombongan dengan ekspresi kaget di tambah satu gambar back ground, bisa juga di tambah dua buah gambar efek (biasanya berbentuk garis-garis seperti yg biasa terdapat di buku komik) dengan penggambaran tidak copy paste tentunya, sebaiknya dibuat dengan gerakan random.
GAMENDO
Adalah trik animasi, yang selalu digunakan ketika sebuah adegan memerlukan efek getaran (ブレ=kamera goyang) karena ada tekanan yang sangat kuat menghantam sebuah benda, lebih sering terjadi pada adegan raksasa berjalan, bangunan runtuh, ledakan, atau benda yang sangat berat jatuh ke tanah dll.
RORINGO
Adalah suatu trik yang biasa digunakan di film anime dalam adegan orang berjalan, dimana dalam pembuatannya hanya menggunakan satu gambar karakter saja, plus satu gambar back ground yang dibuat panjang.
Tehnik pengambilan angle camera Close Up atau maksimal Medium Shot, adalah pilihan wajib yang harus diambil bila kita mau memilih menggunakan trik ini.
kebiasaan yang menjadi ciri khas karakter animasi (GIMIK) juga bisa sangat membantu dalam megunakan trik ini.
contoh nyata, kalau kita nonton serial anime, biasanya suka ada adegan orang berjalan dengan menaruh kedua tangannya di belakang kepala, bisa juga kita buat adegan orang berjalan dengan menaruh kedua tangannya dibelakang badan, atau memasukan kedua tangannya kedalam saku celana.
Dengan catatan, gambar yang kita buat harus maksimal sebatas pinggul, agar kita tidak sampai menggambar paha atau kaki sebuah karakter, yang akan berakibat gambar menjadi lebih dari satu, karena otomatis kita harus menggambar langkah berikutnya, kalau tidak mau terilhat aneh nantinya.
Q-TB/Q-TU
Quick -TB (Track Back)/Quick-TU (Track UP)
Trik ini dipakai kebanyakan pada adegan yang memerlukan camera zoom in/out secara cepat, dan biasanya difilm anime durasi yang dipakai satu second, bahkan kebanyakan kurang dari satu second, dengan tehnik pegarapan dibagi menjadi dua pase pengambilan shot gambar, agar emosi adegan yang diinginkan dapat dicapai.
dua pase itu adalah, 3 Frame untuk Quick (tidak boleh lebih) dengan batas sebesar apa gambar yang dizoom biasanya sudah ditentukan di Storyboard, sisanya bisa melanjutkan zoom in-out sampai durasi full yg sudah ditentukan, atau sebaliknya.
- Back to Home »
- Anime , Otaku Zone »
- Tips "Limited Animation" Ala Jepang
Posting Komentar